headerphoto

Gebyar Bulan Bahasa

Jum`at, 17 Maret 2017 11:31:14 - oleh : admin

    UPYIndonesia merupakan negara yang memiliki banyak bahasa daerah. Keanekaragaman bahasa daerah tersebut dapat saling terhubung berkat adanya bahasa penghubung, yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan salah satu simbol persatuan yang pada mulanya digunakan untuk menumbuhkan kesatuan dan persatuan untuk melawan penjajah. Jasa bahasa Indonesia yang begitu besar, kita sebagai generasi penerus bangsa seharusnya menjaga dan dengan bangga menggunakan bahasa Indonesia di tengah gempuran bahasa asing seperti sekarang ini.

    Era globalisasi dan pertumbuhan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang ini dapat menggerus penggunaan bahasa Indonesia di kalangan masyarakat. Informasi seperti sekarang ini dapat dengan cepat diterima oleh masyarakat tanpa proses penyaringan terlebih dahulu. Hal ini tentunya dapat membahayakan pagi perkembangan bahasa Indonesia karena dari informasi-informasi tersebut banyak penggunaan bahasa yang tidak sesuai dan terpapar penggunaan bahasa asing.

    Pengaruh globalisasi bagi bahasa Indonesia juga dapat menyebabkan lunturnya kebanggaan masyarakat dalam menggunakan bahasa Indonesia. Masyarakat saat ini lebih bangga menggunakan bahasa asing dari pada bahasa Indonesia. Bahasa asing dianggap lebih maju dan keren apabila digunakan di dalam pergaulan. Selain itu, banyak sekolah yang mewajibkan peserta didik menggunakan bahasa asing di hari-hari tertentu ketika berada di sekolah. Hal ini tentunya bagai pisau bermata dua yang memiliki nilai positif dan negatif sekaligus.

    Bahasa Indonesia perlu dijaga keberadaanya. Bagaimanapun masyarakat harus bangga memiliki dan menggunakan bahasa Indonesia karena bahasa inilah yang menyatukan, menghubungkan, dan wujud perjuangan masyarakat. Oleh sebeb itu, penting kiranya diadakan hari peringatan seperti Bulan Bahasa untuk membina dan mengembangkan bahasa Indonesia sehingga tidak kalah dengan gempuran bahasa asing seperti sekarang ini.

    Menyadari pentingnya bahasa Indonesia, mahasiswa prodi PBSI Universitas PGRI Yogyakarta mengadakan acara Gebyar Bulan Bahasa yang dilaksanakan rutin setiap tahun. Gebyar Bulan Bahasa yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 31 Oktober 2014 merupakan wujud perhatian terhadap bahasa Indonesia. Acara ini dilaksanakan di Auditorium UPY yang diharapkan dapat menambah wawasan mengenai bahasa dan sastra khususnya bagi mahasiswa PBSI, mengapresiasi bakat yang dimiliki mahasiswa PBSI UPY, dan mempererat persaudaraan antara dosen dan mahasiswa.

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya