headerphoto

Visi, Misi, dan Tujuan PRODI PBSI

Visi
Visi program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas PGRI Yogyakarta adalah pada tahun 2030 menjadi program studi yang unggul, mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kreatif, inovatif, cerdas, serta memiliki daya saing tinggi pada era globalisasi.

 

Misi
Misi program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta adalah

  1. Melaksanakan pembelajaran dan mengembangkan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia;
  2. Melaksanakan penelitian untuk pengembangan ilmu di bidang kebahasaan, sastra maupun Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang terkait dengan bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia;
  4. Melaksanakan pembinaan civitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

 

Tujuan
Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas PGRI Yogyakarta bertujuan untuk menghasilkan sarjana di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia yang

  1. Memiliki wawasan, keterampilan, dan sikap seorang pendidik yang mampu berpikir logis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mampu menyatakan pikirannya secara jelas dan lugas;
  2. Menguasai secara komprehensif: a) dasar ilmu pendidikan,  dasar ilmu pendidikan bahasa, dan sastra Indonesia, serta b) metodologi penelitian bahasa dan sastra Indonesia beserta pengembangannya;
  3. Memiliki sikap dan kemampuan yang handal menjalankan tugasnya sebagai guru bahasa Indonesia secara profesional dan tugas lain yang relevan dengan keahliannya;
  4. Menguasai pembuatan bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia serta mampu mengajarkan  kepada peserta didik;
  5. Menguasai bahasa Indonesia dan terampil menggunakan dengan baik dan benar dalam berbagai peristiwa komunikasi;
  6. Menguasai bahasa Indonesia untuk ragam tulis dan lisan dalam situasi resmi dan tidak resmi secara baik dan benar;
  7. Memiliki wawasan, pemahaman, dan sikap yang baik tentang anak didik, kependidikan, dan kondisi aktual.